Garbarata Bukaka Rajai Bandara Jepang hingga India

“ Integrity, Teamwork, Professionalism, Innovation, Excellence ”

Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia yang juga mantan CEO Kalla Group Jusuf Kalla memamerkan kehebatan salah satu produk kelompok usaha itu yang mendunia, yaitu garbarata. Momen itu terjadi dalam gala dinner HUT ke-70 Kalla Group dan HUT ke-44 Bukaka di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Jumat (28/10/2022) malam.

 

Sebagai catatan, garbarata atau aviobridge merupakan jembatan yang menghubungkan antara terminal bandara dan pesawat udara. Garbarata dibuat oleh salah satu anak usaha Kalla Group, yaitu PT Bukaka Teknik Utama Tbk.

 

"Ini cerita panjang. Bagaimana memulai sesuatu, menjual sesuatu yang kita sendiri tidak tahu. Ini ada cara, menjual sesuatu ini tanpa dia tahu bagaimana cara bikinnya, tapi akhirnya bisa semua dengan teknologi, emosi, dan percaya diri," ujarnya.

 

Menurut JK, sapaan karib Jusuf Kalla, garbarata merupakan kebanggaan perusahaan. Politikus senior Partai Golkar itu mengeklaim garbarata tersebar di semua bandara di tanah air.

 

"Di Singapura 50% jembatannya buatan Bukaka. Di Bangkok 50%. Di Jepang justru penjualan terbesar itu ada di Jepang bagaimana masuk ke negara dengan teknologi lebih tinggi bisa kita kalahkan," kata JK.

 

"Sekarang india, hampir semua bandara baru di india, itu kalau bapak datang ke india. Di Myanmar, di Laos, di Timor Leste, sampai ke sini semuanya Bukaka Cileungsi," lanjutnya.

 

sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20221029054855-4-383441/cerita-jk-garbarata-bukaka-rajai-bandara-jepang-hingga-india